Cerita di Balik Android Smartphone Berharga Hanya 50 Ribuan!

0
463
Freedom 251
Via Times of India

Februari 2016 lalu, Ringing Bells, perusahaan smartphone asal India meluncurkan produk baru mereka Freedom 251. Smartphone dengan OS Android itu hanya dihargai $3.64 (Rs 251), atau Rp 47.320,- (kurs Rp 13.000,-/USD)!

Sangat murah, tentu saja, cuma seharga earphone murahan. Dilengkapi fitur dual SIM, slot microSD serta kamera depan dan belakang. Apalagi smartphone itu dijual berikut baterai dan earphone juga.

Ringing Bells mengatakan mereka tidak mencari uang dari penjualan smartphone melainkan dari mobile service. Mereka mempromosikan produk barunya dengan memberikan Freedom 251 pada para jurnalis untuk di-review.

Freedom 251 = Adcom Ikon 4?

Di bulan yang sama situs Android Authority menulis penemuan mereka tentang keanehan Freedom 251.

Di atas layar Freedom 251 ada tonjolan kecil memanjang berwarna putih. Biasanya di tempat itu umum dipakai untuk memajang merk smartphone.

Saat tonjolan putih itu dihapus tampak sebuah logo produsen smartphone asal Cina: Adcom. Ternyata Freedom 251 adalah Adcom Ikon 4, entry-level smartphone buatan Cina yang normalnya berharga $54!

Prototype Freedom 251 ternyata Adcom Ikon 4
Via Android Authority

Adcom Ikon 4 sendiri adalah smartphone yang agak aneh. Mengusung Android 5.1 Lollipop tapi tampilan ikonnya kebanyakan memakai ikon iOS. Termasuk browser-nya, menggunakan logo Safari.

Maksa pakai ikon iOS
Via Android Authority

Pihak Adcom tidak tahu-menahu brand dan produk mereka diubah menjadi Freedom 251. Mereka mengatakan mulai melakukan investigasi terkait hal itu.

Sementara Ringing Bells menyampaikan pada para jurnalis agar jangan khawatir. Smartphone yang mereka terima adalah “preview version”.

Berikut review Unbox Therapy, Youtuber yang berpengalaman mengulas bermacam smartphone.

Ringing Bells Menepati Janjinya

Akhir Juni 2016 Ringing Bells menepati janjinya. Versi final Freedom 251 diluncurkan ke pasaran.

Mengusung 4-inch qHD display, smartphone murah meriah ini mulai dikirimkan ke pembeli pada 8 Juni 2016. Times of India menulis hampir 10 ribu unit dialokasikan untuk masing-masing propinsi di India.

Versi final Freedom 251 berbeda dengan versi preview-nya. Desain yang mirip iPhone sekarang sudah tidak ada. Dua variasi warna menjadi pilihan, yaitu hitam dan putih.

Freedom 251
Via Times of India

Freedom 251 sepertinya bukan smartphone murahan. Harga jualnya jelas jauh di bawah ongkos produksinya.

Mohit Goel, CEO Ring Bells, mengatakan biaya produksi setiap item sesungguhnya di atas $3.64. Seperti pernyataan di bulan Februari, dia menyatakan perusahaan memang tidak mencari untung dari penjualan.

Spesifikasi Freedom 251

Mempunyai tiga navigasi seperti umumnya Android smartphone lain. Fitur dual SIM, slot microSD, dan kamera depan (3.2 MP)/belakang (0.2 MP) masih dipertahankan.

Kualitas volume loudspeaker tidak jauh berbeda dengan Android handset lain. Layarnya mempunyai resolusi 960×540 pixel.

Prosesornya 1.3GHz quad-core dipadu dengan 1GB RAM dan 8GB inbuilt storage. Pengguna dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 32GB menggunakan kartu microSD.

Konektivitas mendukung WiFi, bluetooth, dan 3G untuk kedua kartu SIM. Menggunakan baterai 1450mAh, Freedom 251 diprediksi bisa menyala seharian. (WA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY