Apakah Anak Usia 3-5 Tahun Bunda Sudah Cukup Tidur?

0
551
Balita tidur

Usia 3-5 tahun adalah fase perkembangan dan pertumbuhan anak yang penting. Pada periode ini terpenuhinya jam tidur yang cukup sangat dibutuhkan.

Idealnya anak tidur selama 10-12 jam sehari. Waktu tersebut dibagi dua, di malam hari dan sebagian lagi untuk tidur siang.

Mengapa tidur yang cukup penting bagi anak?

  • Kurang tidur malam beberapa jam secara rutin bisa menurunkan imunitas tubuh, karena jumlah sel yang melawan bakteri dan virus menurun.
  • Menurut survei di Amerika Serikat, anak yang kurang tidur menurun kemampuannya dalam daya ingat, belajar, berpikir logis, dan menghitung. Hubungan anak dengan keluarga dan temannya menurun kualitasnya.
  • Anak yang parah kekurangan tidurnya bisa terhambat pertumbuhannya, karena hormon pertumbuhan dilepaskan saat tidur.
  • Anak-anak yang tidurnya cukup lebih bisa berkonsentrasi dan mengatasi gangguan-gangguan kecil.

Nah, pasti bunda sering mengalami kesulitan ketika membujuk anak tidur, terutama tidur pada siang hari. Di rentang 3-5 tahun, anak mulai mengenal kemandirian. Masa-masa ia menjadi ‘bayi’ telah lewat. Kadang ia bisa keras kepala dan plin-plan.

Itulah sebabnya anak susah disuruh tidur siang meski ia merasakan lelah. Sebab lain yang sering terjadi adalah, ia ingin terus bermain.

Bagaimana membiasakan anak dengan pola tidur yang sehat?

Beri anak kesempatan bermain yang cukup. Energi anak cukup tinggi, ia butuh untuk aktif dan bersosialisasi dengan teman-temannya.

Biarlah ia bermain di halaman rumah, di taman, atau sesekali berkunjung ke rumah temannya. Lalu berilah pengertian bahwa ia sudah cukup lama bermain dan tiba saatnya tidur siang.

Jangan lupa, saat bermain tetaplah mengawasinya. Pastikan keamanan anak tetap terjaga, karena pemahaman anak terhadap bahaya masih sangat minim.

Cara lain yaitu tetapkanlah sebuah rutinitas sebelum tidur. Misalnya mencuci tangan, kaki, dan dibacakan cerita. Perlahan-lahan jam biologis anak akan menyesuaikan. Ia akan mengerti bahwa setelah mencuci tangan, kaki, dan dibacakan buku cerita, adalah saatnya untuk tidur.

Jangan dimarahi jika anak susah disuruh tidur. Melainkan beri ketegasan dan penjelasan, dan tak kalah pentingnya adalah beri ia cinta. (WA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY