Beri Kesempatan Si Kecil Memilih Baju Sendiri

0
169
Baju balita

Memilih baju anak tidak selamanya harus jadi tugas bunda. Coba sekali-sekali minta balita bunda memilih baju sendiri.

“Mama, adek mau pakai baju warna hijau yang ini aja!” Nah, moms, berikan senyum pada si kecil lalu bantu ia untuk memadupadankan pakaian yang ia sudah pilih dengan sepatu dan aksesoris lainnya.

Memberi kesempatan anak balita untuk memilih bajunya sendiri, berdampak positif dalam membentuk karakter si kecil lho, moms. Simak nih, ulasannya.

Berani Berekspresi

Ketika anak lebih suka memilih sendiri pakaian, sepatu, maupun aksesoris yang akan dikenakan, itu pertanda positif. Karena dengan anak memilih sendiri model serta warna pakaian yang akan ia pakai mendorong anak untuk berani berekspresi.

Anak yang terbiasa memilih baju sendiri dan menentukan pilihan, menumbuhkan rasa percaya diri pada dirinya. Jadi, sewaktu moms mengajak si kecil ke pusat perbelanjaan untuk membeli baju baru, biarkan anak menentukan pakaian yang dipilihnya.

Mengembangkan Potensi Diri

Memberikan keleluasaan pada anak menentukan baju yang ia sukai, akan melatihnya untuk mengembangkan potensi dalam diri mereka. Anak akan merasa disayang, ketika orang tua bisa menerima mereka apa adanya. Termasuk untuk urusan memilih pakaian yang akan dikenakan.

Yakinlah, moms, memberi kebebasan pada anak untuk memilih baju kesukaannya, akan membantunya untuk bisa memutuskan sesuatu. Anak tidak merasa terhambat untuk bisa mengembangkan potensi diri yang dimilikinya. Pasti bermanfaat untuknya kelak.

Terlatih Bernegosiasi

Saat anak diperbolehkan menentukan sendiri pilihan atas pakaiannya, anak juga belajar untuk bernegosiasi. Ketika anak menolak baju yang moms pilih, tanyakan kepadanya alasan menolak baju tersebut. Jika ternyata alasannya cukup relevan, perbolehkan anak akhirnya memakai baju yang disukai.

Tentunya, moms juga berhak untuk memberikan saran atas pilihan bajunya. Moms sudah mendampingi si kecil untuk belajar bernegosiasi, serta melatihnya agar berani mengeluarkan pendapat sendiri.

Lebih Mandiri

Memperbolehkan anak memilih baju sendiri akan melatih kemandiriannya. Anak terlatih untuk tidak tergantung pada orang tua setiap kali menentukan baju yang akan dipakai. Bahkan saat anak memilih baju sendiri dan berusaha memadupadankan model dan warna, disinilah anak melatih kemandiriannya sendiri tanpa bantuan.

Bagaimana moms? Bakal seru-seruan bareng si kecil dalam memilih baju dong pastinya! (WI)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY