Byur! Renang Bisa Turunkan Berat Badan Lho

0
509
Renang menurunkan berat badan

Siapa diantara kamu yang doyan banget berenang? Fakta bahwa saat melakukan gerakan dalam olahraga renang, mampu membakar kalori sehingga membantu mengurangi berat badan. Benefit lainnya, berenang juga bagus untuk kesehatan kardiovaskular.

Berenang menggerakkan begitu banyak jaringan otot. Jantung dan paru-paru harus bekerja keras untuk memasok otot-otot tersebut dengan oksigen. Artinya, berenang akan sangat melatih alat kardiovaskular.

Menurut American Coronary Heart Affiliation, berenang selama 30 sampai 60 menit 4 sampai 6 kali seminggu bisa membantu mengurangi berat badan serta mengurangi kemungkinan stroke, diabetes, dan penyakit jantung.

Berbeda dengan bersepeda dan berbagai olahraga kardio lain, berenang memberikan latihan fisik yang menyeluruh. Kelompok otot inti, tubuh bagian bawah dan atas, semua akan digerakkan saat berenang. Selain jaringan otot tersebut, berenang juga melatih paru-paru.

Untuk perenang pemula, mulailah perlahan-lahan. Berenanglah selama 30 detik dengan istirahat selama 30 detik. Lakukanlah selama setengah jam. Perlahan tingkatkan sesuai kemampuan dan kenyamanan. Hingga akhirnya mampu melakukan selama 60 menit, dan mampu berenang sebanyak 20 lap atau 500 meter tanpa berhenti.

Bagi kamu yang memang sudah jago berenang, cobalah untuk berenang cepat 3 lap dan 1 lap berenang perlahan, lalu istirahat 30 detik. Ulangilah selama 60 menit. Untuk mengurangi kebosanan, coba berbagai gaya renang lainnya ya.

Keuntungan lain dari olahraga air yang satu ini, dapat membebaskan dari stres dan memberikan kamu ‘me time’ yang asyik banget. Bonus utama tadi, membakar energi pastinya.

Jika tidak begitu menyukai renang, kamu boleh mencoba olahraga aerobik air lain. Seperti polo air bisa menjadi pilihanmu. Jika terbiasa berenang di kolam renang, sekali-kali kamu bisa mencobanya di alam terbuka seperti danau dan sungai. (VE)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY