Cara & Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami & Sehat

2
2524
Cara menurunkan berat badan

Kebanyakan orang menganggap kegemukan membuat penampilan fisik menjadi tampak jelek. Tak heran, jika menyaksikan seseorang berusaha mati-matian memangkas berat badannya agar mencapai berat ideal. Sayangnya, upaya itu sebagian besar dilakukan dengan cara menurunkan berat badan yang salah dan tidak sehat.

Dalam prosesnya seringkali mereka merasa tersiksa entah karena terus menerus menahan lapar, kondisi tubuh yang tidak bugar, atau faktor lain. Bagaimana ya, melangsingkan badan secara benar, alami, dan sehat? Jadi, berat ideal yang didapat tidak mengorbankan kesehatan, justru meningkatkannya.

Merubah Mindset

Jangan memulai apapun cara menguruskan badan jika belum mempunyai mindset yang benar.

Berorientasi Kesehatan Jangka Panjang

Program penurunan berat badan yang ada  di sekitar kita, biasanya hanya mengukur kesuksesan dari turunnya berat badan saja. Kesehatan sering terabaikan. Orang tak peduli kulitnya kehitaman, wajahnya pucat, tensi darah tidak stabil, kebugaran menurun, asalnya beratnya turun. Sudah menjadi rahasia umum juga bahwa kebanyakan program diet berakhir pada kegagalan, langsingnya tidak bertahan lama. Rugi, sudah kesehatan turun, gemuknya masih.

Jangan pernah mengorbankan kesehatan demi penampilan! Tubuh yang sehat jauh lebih penting dimiliki daripada tubuh yang indah. Sejatinya tubuh yang sehat dengan sendirinya akan mencari berat badan normal/idealnya sendiri. Sebelum mulai melangsingkan tubuh, harus ditanamkan dengan kuat bahwa Anda punya tujuan yakni sehat dulu, berat badan ideal adalah bonus yang akan didapat. Tidak hanya langsing, tapi juga sehat.

Disiplin

Penyebab paling utama obesitas adalah gaya hidup yang tidak sehat dan seimbang. Misalnya malas berolahraga, makan berlebihan, konsumsi gula berlebihan, malas beraktivitas, terlalu sering mengonsumsi makanan/minuman prosesan, dan semacamnya. Anda harus segera beralih ke pola hidup sehat dan seimbang jika ingin langsing terlebih lagi jika ingin sehat.

Namanya pola hidup tentu tidak dilakukan cuma sehari, seminggu, sebulan, atau setahun. Tetapi dilakukan terus menerus sepanjang hidup. Sangat diperlukan disiplin atau Anda akan terjebak lagi ke pola hidup merusak (tidak sehat).

Disiplin adalah salah satu inti dari cara melangsingkan tubuh. Apapun program pelangsingan Anda, tanpa kedisiplinan, tak akan mencapai hasil maksimal.

Makanan dan Minuman Pantangan

Di bawah ini adalah makanan dan minuman seharusnya dikurangi bahkan lebih bagus jika dihindari.

Gula

Gula yang dimaksud bukan hanya gula pasir dan gula merah, tetapi juga gula yang terdapat pada makanan dan minuman di sekitar kita. Gula telah mengepung kehidupan kita begitu rapat. Coba tengok di rumah Anda, di warung, minimarket, mall, pasar, kios rokok pinggir jalan, bahkan sampai penjual makanan dan minuman keliling. Gula di mana-mana! Gula ada di selai, jajan pasar, minuman ringan, berbagai macam snack, susu rendah lemak dalam kemasan; juga di minuman sehari-hari seperti kopi dan teh; minuman tradisional seperti wedang jahe dan wedang serai.

Jika Anda mau meneliti rak-rak makanan dan minuman di pasar swalayan mungkin akan terkejut, hampir semua produk yang dipajang mengandung gula. Sadar atau tidak sadar, masyarakat Indonesia umumnya mengonsumsi gula dalam jumlah berlebihan.

Gula termasuk dalam karbohidrat sederhana yang dapat langsung diserap oleh tubuh. Tetapi tubuh punya keterbatasan kemampuan mengolah gula setiap harinya. Gula pasir diubah menjadi gula darah hanya dalam waktu 3 menit, tetapi butuh 140 menit bagi pankreas untuk mengubah gula darah menjadi energi yang dapat disimpan di otot. Dalam sehari, pankreas yang normal hanya mampu mengubah kira-kira 5 gram (1/2 sendok makan) gula pasir atau 60 gram (6 sendok makan) gula batu atau 90 gram (9 sendok makan) gula jawa (gula merah) menjadi energi. Jika konsumsi gula melebihi batas normal, gula yang tidak terproses oleh pankreas akan menumpuk menjadi gula darah dan lemak. Akibatnya tidak hanya kegemukan, tapi penyakit diabetes juga mengintai.

Kurangi atau lebih baik lagi hindari gula jika Anda ingin langsing yang sehat. Kalaupun terpaksa mengonsumsinya, misalnya sebagai penyedap rasa sayur, jangan lebih dari batas normal.

Orang sering dengan bodohnya mengira bahwa penumpukan lemak itu lahir akibat konsumsi lemak yang berlebihan. Padahal Dr. Tan mengatakan, “Manusia itu punya threshold untuk lemak, yaitu rasa mual dan muak. Jarang ada manusia yang mengkonsumsi lemak lebih banyak dari kemampuan tubuhnya menerima”. Penumpukan lemak dalam tubuh kita, mayoritas lebih kepada konsumsi gula yang berlebihan dalam segala bentuk. Kandungan gula yang terlalu tinggi membuat tubuh mengeluarkan insulin berlebihan untuk menormalkan lonjakan gula darah dan mengakibatkan kelenjar pankreas lelah. Kerusakan pankreas membuat penyakit degeneratif yang sangat populer, Diabetes. (dikutip dari: http://www.erykar.com/perkenalkan-dr-tan)

Makanan dan Minuman Prosesan Pabrik

Sulit mengharapkan makanan dan minuman yang diproduksi pabrik adalah makanan dan minuman yang sehat dan menyehatkan. Makanan sehat terbaik adalah makanan segar alami. Namun, pabrik yang berorientasi profit hampir tidak mungkin memproduksi makanan segar alami, karena makanan alami cepat rusak, tidak dapat disimpan lama. Pabrik dituntut menghasilkan produk yang enak, tahan lama, menarik baik dari warna maupun kemasan. Itulah sebabnya produk pabrik itu kebanyakan berupa makanan matang yang dibubuhi bahan seperti garam, gula (corn syrup), perisa buatan, pewarna sintetis, dan sebagainya.

Minuman pun begitu. Banyak mengandung gula dan perisa buatan. Minuman rasa buah dalam kemasan misalnya, yang dijual adalah rasanya bukan buahnya. Minuman itu hanyalah cairan yang diberi gula dan rasa mirip buah, bukan cairan yang berasal dari buah seperti jus.

Konsumsi olahan pabrik secara berlebihan apalagi rutin adalah salah satu pemicu kegemukan dan penyakit. Segeralah beralih pada makanan dan minuman alami misalnya jus buah segar, kacang rebus, keripik tempe buatan rumah.

Susu

Konsumsilah susu hanya sesekali. Susu, baik segar atau lebih parah lagi produk pabrik, tidak bagus dikonsumsi secara rutin oleh manusia. Bahkan binatang sekalipun secara alami hanya menyusu di saat masih bayi, selanjutnya mereka hanya makan tumbuhan atau hewan lainnya dan minum air.

Susu hewan mengandung laktosa, zat gula dalam susu mamalia, yang menyebabkan alergi pada kebanyakan manusia. Gejala alerginya bisa berbentuk obesitas, gatal-gatal, diare, dan lainnya. Saat bayi, manusia mempunyai persediaan enzim laktase yang digunakan untuk mencerna laktosa. Enzim laktase akan hilang dari kebanyakan tubuh manusia saat ia berusia 2-3 tahun.

Terutama di Indonesia, susu menjadi komoditas industri yang dengan berbagai cara dan jenisnya dipasarkan agar dikonsumsi secara rutin. Mungkin hanya di negeri kita ini yang punya produk susu untuk ibu hamil, bayi, batita, balita, remaja, dewasa, sampai manula. Itupun ada yang dibubuhi perasa seperti cokelat, stroberi, vanila. Jauh dari alami.

Kopi dan Teh

Konsumsi kopi dan teh rutin, meski tanpa gula, sama saja dengan menabung masalah.

Kopi adalah salah satu penggerogot kepadatan tulang. Kopi menimbulkan efek asam sehingga tubuh dipaksa membuang cairan. Bersama cairan itu ikut terbuang pula mineral dan vitamin (terutama vitamin C), termasuk kalsium dan magnesium. Saat vitamin C dalam tubuh sangat berkurang, dinding pembuluh darah akan sangat menipis dan mudah pecah.
Baca selengkapnya efek buruk kopi disini.

Teh memang bermanfaat misalnya mengandung salah satu antioksidan, polifenol. Namun saat polifenol terakumulasi dalam tubuh ia menjadi tanin yang mudah teroksidasi dan merusak mukosa (dinding lendir) lambung. Teh juga bersifat diuretikal (pengering cairan tubuh), sehingga jika Anda haus lalu minum teh sejatinya tubuh Anda masih kehausan.
Baca selengkapnya efek buruk teh disini.

Karbohidrat Rendah Kualitas

Konsumsi karbohidrat rendah kualitas seperti nasi putih, roti, mi, tepung terigu, dan tepung beras berlebihan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Diantaranya obesitas dan trigliserida tinggi. Pola pikir masyarakat kita salah, mereka mengartikan lapar berarti tubuh perlu asupan karbohidrat. Makan nasi atau roti, perut kenyang, beres. Sesungguhnya lapar adalah cara tubuh memberitahu bahwa ia memerlukan asupan nutrisi. Tinggalkan karbohidrat rendah manfaat dan ganti dengan nasi beras cokelat, merah atau hitam, jagung, perbanyak buah dan sayur segar yang juga merupakan sumber karbohidrat.

Daging

Protein hewani hanya layak dikonsumsi sesekali. Jika dijadikan rutinitas akan menimbulkan masalah (penyakit). Protein hewani merupakan makanan yang disukai sel kanker. Gigi manusia pun tidak cocok untuk mengonsumsi daging, gigi manusia lebih mirip struktur gigi hewan herbivora. Protein hewani juga susah diproses oleh pencernaan dan menghasilkan banyak sampah. Konsumsi sesekali saja, pilihlah ikan daripada daging ayam atau daging merah.

Alkohol dan Rokok

Sudah termasyhur betapa buruknya alkohol dan rokok bagi tubuh kita. Minum alkohol dan merokok berarti merusak tubuh dengan sengaja. Apalagi efek buruknya juga dialami orang lain (perokok pasif). Harus dihindari sama sekali. Ingat, sehat adalah pangkal berat badan ideal.

Margarin (dan makanan yang digoreng)

Makanan yang mengandung paling banyak asam lemak trans adalah margarin. Di dalam margarin, Anda mendapatkan lemak trans dari minyak sayur yang disaring secara kimiawi dan lemak jenuh seperti lemak hewan. Makanan yang digoreng pada umumnya akan menguras enzim-enzim dalam tubuh Anda. (dari buku The Miracle of Enzyme)

Konsumsi Air Putih

Kebiasaan minum yang buruk bukan cuma membuat tubuh kesulitan menurunkan berat badan tapi juga menimbulkan masalah kesehatan. Tubuh sangat butuh air untuk menjalankan fungsi-fungsinya, termasuk memperlancar metabolisme, memperlancar  aliran darah dan membantu proses pengeluaran racun dari tubuh. Semakin sedikit racun di dalam tubuh, semakin mudah berat badan diturunkan. Selain itu, 30 menit setelah minum air (air biasa, bukan air hangat atau es) tingkat pembakaran kalori akan mencapai puncaknya.

Air yang dibutuhkan tubuh adalah air putih berkualitas, bukan yang lain (soda, minuman energi, alkohol, teh, kopi, minuman kotak rasa buah, dll)! Minumlah air putih sekitar 2-2,5 liter per hari (untuk usia dewasa), kalau bisa lebih bagus air putih yang berkualitas misalnya air kangen (kangen water, sekarang ini banyak yang menjual mesin dan juga airnya), air zam-zam, air dari pegunungan. 2-2,5 liter hanyalah patokan, bukan jumlah yang mutlak. Banyaknya air yang dibutuhkan juga bergantung pada cuaca (misal musim panas) dan ukuran tubuh masing-masing.

Kunyah dengan Baik

Mengunyah dengan baik sangat penting. Kunyah makanan 30-70 kali tergantung kealotan makanan itu, agar makanan tercampur dengan air liur. Air liur mengandung enzim pencernaan amilase yang berguna untuk mencerna karbohidrat. Mengunyah dengan baik menyebabkan lebih cepat kenyang, dengan sendirinya porsi makan terkurangi hingga makan berlebihan dapat dihindari.

Dr Hiromi Shinya dalam bukunya The Miracle of Enzyme mengatakan,”Enzim-enzim pencernaan yang terdapat pada air liur, jika tercampur dengan makanan selama dikunyah, meningkatkan pencernaan dan penyerapan karena penguraian makanan berlangsung dengan lancar”.

Makanan Segar dan Alami

Setiap hari sel-sel kita diregenerasi, lama prosesnya bervariasi. Beberapa bagian tubuh membutuhkan waktu hanya beberapa hari, sedangkan ada yang butuh waktu sampai beberapa tahun. “Sel-sel baru ini terbuat dari air dan makanan yang kita makan sehari-hari. Berdasarkan hal ini, kita dapat mengatakan bahwa kualitas makanan dan air yang kita konsumsi menentukan kesehatan kita”, papar Dr Hiromi Shinya.

Air yang ideal adalah air putih berkualitas. Makanan yang ideal adalah makanan yang “hidup”, yang mengandung banyak enzim, yaitu makanan yang segar dan alami. Makanan segar adalah makanan dalam bentuk aslinya, yaitu buah dan sayur yang dimakan segera setelah dipanen. Idealnya buah dan sayur dimakan tanpa dimasak. Begitu juga daging dan ikan, yang dimasak dan dikonsumsi sesegera mungkin dan tidak mengalami proses memasak yang panjang. Enzim rentan terhadap panas, makanan yang dimasak lama akan menghilangkan banyak atau seluruh enzim.

Pastikan buah dan sayur dibersihkan lebih dahulu sebelum dikonsumsi. Ada beberapa cara membersihkannya, cuci dengan air mengalir selama 2 menit atau lebih. Kedua, rendam dalam air yang telah diberi garam lalu bilas. Ketiga, rendam dalam air yang dibubuhi beberapa tetes cuka apel lalu bilas. Keempat, gunakan sabun khusus untuk sayur dan buah.

Istirahat yang Cukup

5 sampai 8 jam adalah jumlah waktu yang ideal untuk tidur, tergatung kebutuhan masing-masing. Tidurlah dalam keadaan perut kosong, sekitar 4-5 jam setelah makan.

Makan tepat sebelum tidur sangat berbahaya, bisa menyebabkan penyakit GERD, sindrom sleep apnea dan obesitas. Makan sesaat sebelum tidur di malam hari menyebabkan banyak insulin disekresikan. Insulin akan mengubah protein dan karbohidrat yang Anda makan semuanya menjadi lemak.

Bagaimana jika tidak dapat menahan lapar pada malam hari sementara waktu tidur sudah dekat? Makanlah sedikit buah satu jam sebelum tidur, karena buah cepat dan sangat mudah dicerna.

Begadang jangan dijadikan kebiasaan. Jika tubuh mengalami hal-hal yang tidak normal seperti begadang dan kerja berat, dengan sendirinya tubuh akan menyesuaikan dan memperbaiki diri. Namun jika tubuh sering mengalami hal-hal yang tidak normal maka enzim akan terkuras, yang akan sangat berpengaruh pada kesehatan.

Olahraga

Olahraga cukup populer dilakukan sebagai cara melangsingkan badan. Namun, berolahragalah secukupnya. Olahraga yang dilakukan 5 atau 7 kali dalam seminggu cukup bagus untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan.

Jangan berlebihan, pilih jenis olahraga dan durasinya yang paling sesuai dengan kemampuan Anda. Yoga, jalan cepat, beladiri, joging, bersepeda, bisa jadi pilihan. Jika Anda berolahraga kurang dari 5 kali seminggu pun tak mengapa. Terpenting Anda tidak malas dan tetap aktif bergerak.

Perlu diperhatikan agar jangan terlalu banyak berolahraga. Kesehatan justru bisa rusak karena semakin banyak radikal bebas diproduksi dalam tubuh. Temukanlah porsi olahraga yang paling cocok bagi Anda.

Diet

Diet adalah pola makan (dan minum). Diet yang baik dipadu gaya hidup secara fisik dan mental yang baik, akan mengantarkan Anda pada capaian sehat dan langsing. Kriteria diet yang baik diantaranya tidak menyiksa, tidak repot menghitung kalori, tidak membosankan, bisa dilakukan dalam jangka panjang bahkan seumur hidup, tidak membuat kelaparan, bisa dilakukan siapa saja baik yang sehat maupun sakit, dan berorientasi kesehatan jangka panjang.

Ada 3 contoh diet yang sangat bagus dimana semuanya adalah pola hidup untuk sehat dan sembuh. Bisa dibilang diet-diet tersebut benar-benar merupakan cara menurunkan berat badan secara alami yang terbukti nyata.

Efeknya pada mendapatkan berat badan ideal (menaikkan atau menurunkan) pun telah banyak terbukti. Karena, sekali lagi, tubuh yang sehat dengan sendirinya mempunyai berat badan ideal.

Diet dan Gaya Hidup Keajaiban Enzim

Diet ini disusun oleh Dr Hiromi Shinya, MD, seorang dokter kelahiran Jepang yang hingga usia tuanya masih aktif praktek kedokteran di Amerika dan Jepang. Dr Shinya sangat memahami betapa pentingnya makanan bagi kesehatan. Beliau telah memeriksa lambung dan usus serta mencatat kebiasaan makan lebih dari 300 ribu pasien. Pada akhirnya, penelitiannya membawanya pada apa yang diyakininya sebagai kunci bagi kesehatan, yaitu enzim ajaib milik tubuh manusia sendiri.

Setiap tindakan dalam tubuh manusia dikontrol oleh enzim yang berbeda-beda. Dokter Shinya yakin bahwa enzim yang berbeda-beda itu diciptakan dari enzim dasar (enzim pangkal), yang jumlahnya kurang lebih terbatas dalam tubuh manusia. Jika enzim pangkal terkuras, tidak akan tersedia jumlah yang cukup untuk dapat memperbaiki sel-sel dengan benar.

Dokter Shinya menerapkan pada pasiennya diet ketat yang terdiri dari makanan dan air yang mengandung enzim tinggi dan tidak mengandung racun, sehingga tubuh akan memiliki lebih banyak enzim pangkal untuk digunakan memperbaiki sel-sel tubuh.

Baca selengkapnya: Sehat dan Langsing Secara Alami dengan Cara Diet Dr Shinya

Diet ala Dr Tan Shot Yen

Dr Tan, begitu beliau biasa dipanggil, adalah dokter wanita yang begitu perhatian dan sangat tegas dengan tujuan mulia pada pasien-pasiennya. Beliau mampu menjelaskan penyakit yang rumit menjadi mudah dimengerti bagi orang awam. Sehingga pasien pun jadi paham mengapa dia sakit dan apa yang sebaiknya ia lakukan.

Dalam menangani sebuah penyakit, beliau tidak melihat hanya pada organ yang sakit saja, tapi memandang tubuh sebagai satu kesatuan sistem, termasuk gaya hidup dan kebiasaan makan pasiennya. Setiap pasien biasanya diberi panduan makan secara cermat. Tempat prakteknya yang berada di Bumi Serpong Damai terlihat selalu penuh dengan pasien.

Food Combining

Pola makan sehat ini semakin populer dan banyak pelakunya di Indonesia. Kepopulerannya berkembang secara alami, dimana para pelakunya yang sudah merasakan manfaatnya menularkannya pada yang lain. Berat badan ideal hanyalah satu dari sekian banyak manfaat food combining. Berat badan ideal adalah bonus yang didapat, setelah tubuh sehat dengan menjalani pola makan food combining ini.

Food combining mudah dilakukan dan tidak membuat pelakunya tersiksa oleh kelaparan, serta tidak perlu repot menghitung kalori. Anda dijamin tetap bisa makan enak. Bagi yang sehat, diperbolehkan cheating paling banyak 2 kali dalam seminggu. Bahkan jika sehari-hari Anda lebih banyak mengandalkan warteg sebagai sumber makanan, pola makan sehat ini masih bisa dijalani.

Ketiga diet sehat di atas akan dibahas lebih lanjut dalam artikel tersendiri.

Disclaimer: Artikel tips menurunkan berat badan ini ditulis dengan bahan dari berbagai sumber terpercaya yang kami pilih dengan seksama. Kami bermaksud menyajikan informasi yang benar tentang diet dan penurunan berat badan diantara tulisan-tulisan kurang berkualitas tentang hal yang sama yang banyak beredar di internet. Segala kritik dan saran sangat kami hargai. Sebelum melakukan saran, tips, dan sebagainya di dalam artikel ini harap berkonsultasi dahulu dengan ahli kesehatan Anda. Segala pilihan dan tanggung jawab ada di tangan Anda sendiri.

Baca juga: Makanan Sehat untuk Diet dan Penurun Berat Badan

Daftar Pustaka

(WA/WI)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY