Dapatkah Pepaya Membantu Menurunkan Berat Badan?

0
593
Pohon pepaya

Semangkuk pepaya mengandung sekitar 2,5 gram serat. Pepaya mempunyai kandungan kalori sangat rendah, rendah lemak, dan rendah kolesterol LDL. Pepaya banyak mengandung vitamin esensial seperti vitamin A dan C, zat besi, riboflavin, dan enzim. Lalu, bagaimana pepaya bisa membantu diet kita?

Karena pepaya mempunyai kandungan serat dan potasium yang sangat tinggi, maka bisa menguatkan fungsi pencernaan. Pepaya bagus untuk meringankan sembelit dan detoksifikasi. Semua itu penting untuk diet menurunkan berat badan. Pepaya juga membantu tubuh menyerap karbohidrat dan nutrisi dengan baik. Sehingga menghindarkan tubuh dari kelaparan dan menjaga metabolisme tubuh supaya berfungsi dengan baik.

Kandungan papain pada pepaya dipercaya bisa meningkatkan metabolisme dan pencernaan. Papain berguna untuk membantu mencerna protein. Namun jangan memakan pepaya bersamaan dengan protein. Tunggulah sekitar 30 menit setelah makan pepaya sebelum mengonsumsi makanan seperti protein dan karbohidrat.

Per kilogram pepaya mengandung 4-6 gram protein, yang hampir seluruhnya dapat dicerna dan diserap oleh tubuh. Ini karena papain pepaya mampu mencerna zat yang 35 kali lebih besar dari dirinya. Fungsi lain papain adalah membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan membantu mengatur asam amino.

Manfaat Lain Pepaya

Pepaya melindungi kolon dari kanker dan memperkuat kardiovaskular. Sekitar 89% kandungan pepaya adalah air, yang bagus sekali untuk hidrasi. Memungkinkan tubuh menyaring racun dengan benar sehingga tubuh tetap sehat dan kuat. Pepaya juga tidak membutuhkan banyak energi saat dicerna sehingga tidak menguras stamina. Pernah merasakan saat habis makan justru mengantuk? Itu adalah tanda bahwa tubuh mengeluarkan energi besar saat mencerna makanan. Sehingga tubuh diperintahkan untuk istirahat,maka kita merasa mengantuk.

Pepaya membantu pH usus menjadi normal yang membuat lingkungan dalam usus menjadi baik. Seperti banyak diketahui, pH yang terlalu asam di dalam usus menyebabkan berkembangnya bakteri jahat. Sifat antiseptik pepaya juga membantu mencegah berkembangnya bakteri merugikan di dalam usus.

Pepaya yang ideal untuk disantap adalah yang matang pohon, dimakan segera setelah dipetik, tidak ditambahkan pemanis seperti gula atau madu. Setelah dikupas dan dipotong-potong sebaiknya segera dikonsumsi untuk menghindari oksidasi. Yuk, santap pepaya untuk membantumu yang tengah melakukan diet. (WI)

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY