Hotel Unik Bertema Fauna di Dunia

0
200
Hotel unik: Giraffe Manor

Dari penginapan murah yang sering disinggahi backpacker, hingga hotel berbintang yang mewah, tidak banyak yang menawarkan konsep yang unik. Tetapi hotel unik itu memang ada tersebar di berbagai tempat di dunia.

Dari sedikit hotel yang berkonsep lain dari yang lain, beberapa diantaranya menawarkan konsep fauna.

Makanyane Safari Lodge, Afrika Selatan

Makanyane Safari Lodge, Afrika Selatan
Credit: sanctuaryretreats.com

Penginapan mewah yang terletak di lahan pribadi ini hanya melayani paling banyak 16 tamu dalam waktu yang sama.

Singa, gajah, badak hitam dan putih, kerbau dan macan tutul semuanya ada di sini. Begitu pula cheetah, jerapah dan hyena coklat dan tutul.

Tamu akan dipandu oleh pemandu berpengalaman untuk melihat hewan-hewan tersebut. Ada dua tur yang bisa dipilih, bermobil dan berjalan kaki.

Giraffe Manor, Nairobi, Kenya

Giraffe Manor, Nairobi, Kenya
Credit: thesafaricollection.com

Hotel kecil ini dulunya adalah pondok berburu yang dibangun pada tahun 1932. Baru pada tahun 1984 dibuka menjadi sebuah hotel.

Giraffe Manor adalah rumah bagi beberapa jerapah Rothschild yang langka. Jerapah-jerapah itu sering berkeliaran di sekitar hotel bahkan suka menjengukkan kepalanya ke pintu dan jendela.

Selain jerapah, para tamu juga dapat melihat impala, babi hutan, dan beberapa jenis antelop. Hutan di sekitar hotel juga menjadi tempat tinggal berbagai jenis burung.

Aviary Hotel, Indonesia: Hotel Unik Bertema Burung

Aviary Hotel, Indonesia
Credit: aviaryhotel.com

Aviary Hotel Bintaro yang berjarak hanya 15 menit dari bandara Soekarno – Hatta ini mengusung konsep fauna, khususnya burung. Bangunannya juga eco-friendly terlihat dari pemanfaatan arus angin, dan bahan daur ulang untuk interiornya.

Di tengah-tengah hotel, antara lobi dengan restoran dibangun kandang burung raksasa setinggi 3 lantai. Berbagai jenis burung lokal Indonesia mengisi kandang tersebut.

Hotel dengan 12 lantai ini bernuansa hijau dan asri. Keunikan lainnya, kamar-kamarnya sangat luas, antara 24 hingga 170 meter persegi.

Disney’s Animal Kingdom Lodge, Orlando, Florida

Disney’s Animal Kingdom Lodge
Credit: disneyworld.disney.go.com

Hotel ini merupakan replika dari Afrika. Lengkap dengan padang rumput, hutan buatan, dan hewan-hewan khas Afrika.

Bangunan hotel dibuat seolah menjadi pagar yang mengelilingi hutan tempat tinggal berbagai hewan. Dari hotel para tamu bisa melihat zebra, jerapah, kudu, burung unta, dan lainnya. Disediakan juga tur menjelajah hutan buatan menggunakan mobil.

Bagian dalam hotel juga bernuansa Afrika. Kamar-kamarnya berhiaskan perabot dan ornamen tradisional Afrika. Bahkan pegawai hotelnya juga didatangkan langsung dari Afrika.

Jamala Wildlife Lodge, Canberra, Australia

Jamala Wildlife Lodge
Credit: jamalawildlifelodge.com.au

Pada 1998 sebuah keluarga membangun kebun binatang yang benar-benar memperhatikan kenyamanan dan kesejahteraan hewan. Sebagian besar ukuran kandangnya jauh lebih besar dibanding yang dimiliki kebun binatang lainnya.

Untuk mendukung program dan pendanaan kebun binatang itu, dibangunlah Jamala Widlife Lodge. Dana dari Jamala digunakan untuk kelangsungan dan pengembangbiakan kebun binatang dan hewan-hewannya.

Dibuka untuk umum pada Desember 2014, Jamala Wildlife Lodge menawarkan pada tamunya sensasi berdekatan dengan hewan-hewan berbahaya dan terancam punah.

Kumbuk River Resort, Sri Lanka

Kumbuk River Resort
Credit: kumbukriver.com

Terletak di Buttala, resort ini tempat yang sempurna untuk mengeksplorasi hutan dan kehidupan binatang liar Sri Lanka. Di dekatnya terdapat Yala Wildlife Reserve yang merupakan rumah bagi gajah, merak, dan spesies langka lainnya.

Daerah sekitar Kumbuk River Resort juga merupakan situs kebudayaan kuno. Dahulu merupakan wilayah dari kerajaan Ruhuna yang menjadi pusat peradaban, ekonomi, dan budaya Sri Lanka kuno.

Resort ini memiliki 2 villa berbentuk gajah yang terbuat dari material alami dan terletak di tepi sungai. Villa tersebut hanya menampung paling banyak 10 orang tamu dalam sekali waktu.

Sumber gambar. (WA)

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY