Solusi Google Ganking: Jasa Shutterstock dan IDCopy

0
342
Stop menggunakan image bajakan

Tahu Google ganking? Istilah itu terdapat di buku The Principles of Beautiful Web Design, karya Jason Beaird, terbitan SitePoint.

Artinya secara singkat adalah mencari gambar/foto di Google, lalu menggunakannya tanpa ijin dan tanpa pemberian atribut atau credit. Seringkali yang digunakan adalah copyrighted image (gambar/foto dengan hak cipta).

Hal itu sudah lama sekali banyak terjadi di dunia internet dan desain grafis Indonesia.

Kami pernah meminta ijin pemilik sebuah website untuk menggunakan foto miliknya. Apa tanggapannya?

“Setelah bertahun-tahun foto saya “dipinjam” oleh banyak orang Indonesia, saya terkejut dan menghargai ketika ada yang meminta ijin menggunakan foto saya.” Begitu tanggapannya di email.

Solusi yang Sudah Umum

Untuk menghindari Google ganking, setidaknya ada dua solusi yang umum dipakai.

Pertama, memberikan atribut atau credit pada foto. Kedua, menggunakan foto dari situs-situs penyedia foto gratis dan legal.

Namun kedua cara itu punya kelemahan pokok: foto yang digunakan sering tidak memuaskan karena tidak cocok dengan kebutuhan dan kualitasnya kurang bagus.

Yang terbaik memang memotret foto dan memproduksi gambar sendiri. Tapi susah dilakukan karena harus menyediakan peralatan, waktu, ketrampilan, dan dana yang besar.

Kita juga bisa membeli foto dan gambar di situs penyedia imagery seperti Shutterstock. Kualitasnya bagus-bagus, pilihannya sangat banyak, namun… harganya mahal!

Harga tentu menjadi kendala utama website, blog, dan desainer grafis ber-budget kecil, yang populasinya jauh lebih banyak dibanding mereka yang ber-budget besar.

Kendala lain adalah sistem pembayaran yang umumnya hanya menerima kartu kredit.

Solusi Istimewa

Belum banyak yang tahu sekarang telah ada jasa jual foto, gambar, dan vektor dari Shutterstock.com.

JasaShutterstock.com dan IDCopy menjembatani berbagai kendala agar kita bisa mengakses imagery berkualitas dari Shutterstock dengan mudah. Cukup pilih paket, lakukan pembayaran, lalu silakan download foto dan vektor yang dikehendaki.

Oh ya, gambar yang dipakai untuk thumbnail di artikel ini didapatkan dari JasaShuttestock.com lho.

Shutterstock

Selain menawarkan kemudahan tentunya juga harga yang murah. Paket termurah berharga 125 ribu dan mendapatkan 5 gambar/vektor berkualitas. Per item hanya 25 ribu, cukup murah dan terjangkau.

Jika ingin lebih murah, kita bisa memilih paket diatasnya misalnya yang 750 ribu. Dengan 100 gambar/vektor yang kita dapatkan, berarti hanya 7.500 rupiah per item. Recommended untuk web designer dan desainer grafis profesional!

Berikut paket-paket yang disediakan:

Paket gambar dan vektor

Selama masa berlangganan belum habis, semua pembelian mendapatkan garansi dan support.

Lalu selain harga murah, garansi, dan support, apa lagi keuntungannya?

Bila kamu seorang web designer, desainer grafis, ilustrator, content creator, blogger, pengelola majalah cetak maupun online. Inilah keuntungan yang didapat:

  1. Hemat biaya. Bisa menghapus pengeluaran untuk menyewa jasa vektor maupun fotografer.
  2. Hemat waktu. Tersedia banyak foto dan vektor berkualitas untuk berbagai kebutuhan, dengan melakukan sedikit pengeditan akan diperoleh sebuah image yang unik.
  3. Kredibilitas naik. Konsumen sudah banyak yang tahu mana gambar gratisan mana gambar premium.
  4. Terhindar dari dosa. Bagaimanapun mencuri milik orang lain itu dosa, bisa berakibat pada turunnya atau bahkan hilangnya keberkahan sebuah bisnis.

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang profesional yang bermartabat, JasaShutterstock adalah pilihan terbaik. Bagi yang belum tertarik… masa iya seumur-umur mau memakai gambar bajakan terus?

Ayo naik level, beli yang legal! (Adv/WA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY