Jalan-jalan ke Kebun Binatang Bandung Yuk, Melihat-lihat Satwa Langka!

0
447
Kebun binatang Bandung

Jalan-jalan ke kota Bandung memang seru. Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di sana.

Mulai dari nongkrong di kafe, belanja di factory outlet, menikmati keindahan alam, sampai mengunjungi theme park modern seperti Trans Studio. Ada satu kegiatan yang tidak terlalu dibicarakan orang ketika mengunjungi Bandung, yaitu pergi ke kebun binatang.

Di kota-kota besar dunia, memiliki kebun binatang sudah menjadi “keharusan” bagi sebuah kota. Tak terkecuali di Bandung, kehadiran sebuah kebun binatang menjadi pelengkap atas semua atraksi wisata di kota ini.

Sayangnya di propinsi Jawa Barat juga ada Taman Safari Indonesia, yang sangat terkenal itu, sehingga nama kebun binatang Bandung seakan tertutupi gemanya.

Kebun binatang Bandung berdiri di sebuah lahan seluas 13,5 hektar. Sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda yaitu tahun 1933. Merupakan gabungan dari dua kebun binatang yang ada di Bandung.

Koleksi satwanya ada 213 jenis. Terdiri dari 134 jenis binatang tidak dilindungi dan 79 jenis binatang yang dilindungi. Selain satwa asli Indonesia, juga dikoleksi bermacam satwa dari luar negeri.

Koleksi satwanya antara lain merak, badak, harimau, kasuari, babi rusa, unta, monyet, gajah, singa, unta, jerapah, rusa tutul, kijang, rusa Bawean, rusa Timor ensis. Juga ada ular, komodo, moka-moka, orang utan, kapibara, kuda nil, beruang, buaya, dan berbagai jenis burung.

Untuk berkunjung ke Kebun Binatang ini sangat mudah. Letaknya ada di Jalan Kebun Binatang nomor 6, Lebak Siliwangi. Lokasinya ada di sebelah kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) dan sungai Cikapundung.

Kalau kamu tinggal di luar kota Bandung, bisa cari tiket bus yang menuju Bandung di redbus.id.

Pengunjung dikenakan tiket masuk yang sangat terjangkau. Hanya Rp 20.000.- per orang untuk dewasa, dan Rp 15.000,- untuk anak-anak diatas umur tiga tahun.

Untuk anak dibawah 3 tahun tidak dikenakan biaya alias gratis. Jam operasional dimulai sejak pukul 7 pagi, dan tutup pukul 17.00.

Lebih dari setengah lahan yang ada di kebun binatang Bandung berupa taman dan tumbuh-tumbuhan. Selain sebagai tempat tinggal hewan dan makanannya, taman ini juga dijadikan sebagai paru-paru kota serta cagar alam aneka macam tanaman.

Setelah seharian melihat aneka satwa yang lucu-lucu, kamu juga bisa main di wahana permainan. Fasilitas yang ditawarkan adalah flying fox, kolam perahu, perahu bebek, dan taman bermain.

Kamu juga bisa naik binatang besar seperti gajah dan unta, dengan biaya tambahan sebesar 10-15 ribu rupiah.

Nah, jika kamu sedang berada di kota Bandung jangan lupa mampir ke kebun binatang ini. Ajak teman dan keluarga, pasti seru banget!

Sumber gambar: Wikipedia(Denny Setiawan/WA)

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY