Landa Merang, Sampo Tradisional Nenek Moyang

0
416
Keramas

Keramas mempunyai kedudukan penting di kehidupan nenek moyang kita. Tidak cuma sebagai perawatan rambut sehari-hari. Dalam upacara adat tertentu, keramas dimasukkan menjadi salah satu ritual.

Nenek moyang kita senang melakukan laku/lelaku. Yaitu melakukan sesuatu untuk mencapai hajat atau untuk mendapatkan kemampuan tertentu. Biasanya lelaku dimulai dan diakhiri dengan keramas.

Air landa merang (abu jerami) merupakan sampo tradisional yang digunakan secara luas. Cara membuatnya mudah, bahan baku berlimpah, manfaatnya pun nyata.

Sampo merang bisa membersihkan rambut yang kotor, berminyak, dan berketombe. Juga bisa mengatasi kerontokan dan menghitamkan rambut.

Untuk membuat sampo merang tradisional, ambil batang padi bekas panen secukupnya. Cuci bersih untuk menghilangkan kotoran dan insektisida/pestisida yang menempel. Jemur sampai kering.

Masukkan batang padi ke dalam kuali tanah atu panci. Bakar sampai menjadi abu. Jangan menggunakan minyak tanah atau bensin.

Tuangi air bersih secukupnya dan biarkan sehari semalam. Lalu saring airnya menggunakan saringan yang halus, misalnya kain. Sampo merang tradisional siap digunakan.

Jika ingin mempunyai persediaan sampo merang, jangan simpan air rendaman landa merang yang sudah jadi. Simpan abunya saja yang bisa bertahan lama tanpa rusak kondisinya. (WA)

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY