Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Laser dan Bahan Alami

0
501
jerawat remaja

Jerawat adalah masalah kulit yang paling banyak dialami oleh remaja di seluruh dunia, tidak terkecuali remaja di Indonesia. Penyebab pasti jerawat tidak diketahui karena ada banyak faktor yang dapat menyebabkan jerawat, jadi penyebab jerawat tergantung jenis jerawat itu sendiri.

Ada banyak cara menghilangkan jerawat yang bisa dicoba mulai dari memanfaatkan bahan alami, menggunakan obat jerawat, melakukan perawatan laser bahkan prosedur bedah. Semua metode untuk menghilangkan jerawat tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing sekaligus tergantung jenis jerawat yang diderita tentunya.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Laser

Metode menghilangkan jerawat dengan laser akhir-akhir ini cukup diminati oleh banyak orang karena dipandang memiliki tingkat keefektifan cukup tinggi dibandingkan dengan cara tradisional. Meskipun demikain, metode menghilangkan jerawat dengan laser bukannya tanpa kekurangan, harganya yang mahal mungkin juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda yang memiliki uang pas-pasan. Belum lagi, menghilangkan jerawat dengan cara ini diketahui memiliki efek samping yang cukup mengganggu seperti kulit menjadi merah, kadang sedikit bengkak, kulit akan mengelupas sampai melepuh.

Nah, apakah menghilangkan jerawat dengan cara ini dapat memberikan hasil yang baik? Menurut dr Radityo Anugrah, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang berpraktek di Jakarta Selatan, tindakan laser ini memberikan hasil yang berbeda-beda tergantung warna dan jenis kulit Anda. Dr. Radityo juga menambahkan jika karakter kulit orang Indonesia lebih rentan timbul bekas putih atau confetti hypopigmentation.

Meskipun memiliki kekurangan, menghilangkan jerawat dengan prosedur laser masih cukup banyak diminati karena memberikan hasil instan yang ini tidak bisa didapat dengan menggunakan bahan alami. Mengenai resiko yang ditimbulkan akan bisa dikurangi jika dokter yang melakukan penanganan menerapkan prosedur yang sesuai standar. Jika anda masih ragu untuk menghilangkan jerawat dengan cara ini konsultasikan dulu ke dokter.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Jika Anda tidak memiliki cukup biaya untuk menghilangkan jerawat dengan laser, atau Anda tidak ingin menghadapi resiko atau efek samping yang ditimbulkan, menghilangkan jerawat dengan cara tradisional yang memanfaatkan bahan-bahan alami bisa menjadi pilihan. Apa saja bahan yang dibutuhkan dan bagaimana prosedur penggunaannya? Mari simak ulasan berikut:

1. Menggunakan Madu
Siapa sih yang tidak kenal dengan cairan yang satu ini? Selain bermanfaat mencegah berbagai macam penyakit, madu dipercaya juga dapat mempercantik kulit saat diterapkan langsung ke kulit wajah. Madu memiliki sifat antibakterial dan juga antivirus yang mampu mengurangi bahkan menghilangkan jerawat. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan menerapkan madu langsung ke kulit wajah Anda, setalah itu tunggu hingga 30 menit, dan bilas dengan air bersih.

2. Menggunakan Lemon
Lemon cukup sering digunakan sebagai bahan pemutih wajah karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi dapat membantu mencerahkan kulit secara alami. Tidak hanya itu, lemon dipercaya cukup ampuh menghilangkan jerawat karena mengandung asam sitrat yang bermanfaat menghancurkan bakteri penyebab jerawat. Potong lemon menjadi dua bagian, peras dan ambil airnya untuk diterapkan di kulit wajah. Diamkan sekitar 15-20 menit, setelah itu bilas dengan air. Perhatian: Jika jerawat Anda luka menggunakan lemon akan terasa perih.

3. Baking Soda
Bahan selanjutnya yang diketahui cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat adalah baking soda. Meskipun baking soda bukan seratus persen bahan alami, tetapi penggunaannya cukup diminati karena selain murah juga cukup efektif. Selain itu efek samping yang ditimbulkan tergolong ringan. Cara penggunaannya, campur baking soda dengan air hingga memiliki tekstur menyerupai pasta, setelah itu terapkan ke seluruh wajah terutama yang berjerawat. Diamkan sekitar 10-20 menit setelah itu bersihkan seperti biasa. Perhatian: Setelah menerapkan baking soda gunakan pelembab karena baking soda dapat membuat kulit menjadi kering dan kurang nyaman. Selain itu, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya menghindari baking soda.

Nah, demikian ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan laser dan bahan alami, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Sumber: Wolipop, Manfaatcaramengatasi.com, Amoils.com(Imam Fahrudin/WA)

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY