Merang dan Kuliner Tradisional Indonesia

0
582
Merang

Tanaman padi mendapatkan tempat istimewa di kehidupan bangsa kita sejak dahulu. Tidak hanya berasnya yang dimanfaatkan sebagai makanan. Batang padinya pun digunakan untuk beberapa keperluan, di antaranya terkait dengan makanan.

Setelah panen akan didapatkan tumpukan merang (jerami) dalam jumlah yang cukup banyak. Bagi kita, masyarakat modern, jerami itu mungkin dianggap sampah. Namun sebenarnya adalah berkah.

Jamur Merang

Petani biasanya membakar jerami yang sudah kering. Sebagian jerami yang tidak dibakar ditinggalkan begitu saja di petak sawah.

Di musim hujan, jamur merang banyak tumbuh di tumpukan jerami itu. Orang memanen jamur merang yang sudah cukup umur langsung di sawah. Kadang ada yang sampai menyibak-nyibak jerami, jamur yang masih kecil juga diambil.

Jamur merang terkenal kelezatannya. Masa sekarang sudah banyak yang menanamnya secara profesional.

Landa Merang Sebagai Pewarna Alami dan Pengenyal Makanan

Abu dari pembakaran merang (landa merang) dimanfaatkan untuk mengolah makanan. Baik dalam bentuk abu maupun air abu.

Untuk membuat air abu, merang dibakar di dalam wadah sampai menjadi abu. Lalu dituangi air dan didiamkan selama sekitar 24 jam, setelah itu air rendamannya bisa dimanfaatkan.

Kue tradisional yang menggunakan landa merang misalnya dawet ireng, lompong, apem abu merang, lapis jongkong, dan getuk ireng. Selain memberi warna hitam dan kekenyalan, abu merang juga menyumbang citarasa yang khas.

Kupat Landan

Kupat (ketupat) landan adalah ketupat khas dari tlatah ngapak. Tepatnya di wilayah Purbalingga, Banjarnegara, dan sebagian kecil wilayah Banyumas.

Ketupat ini sama dengan ketupat yang biasa kita jumpai. Berbahan beras dan menggunakan janur sebagai kulitnya.

Bedanya, saat merebus airnya dicampuri landa/abu yang berasal dari merang atau blungkang (daun kelapa). Setelah matang, kupat landan berwarna kecoklatan terutama pada bagian luar.

Rasanya lebih enak, lebih empuk, dan lebih kenyal daripada ketupat umumnya. Aromanya pun khas.

Kupat landan enak dimakan begitu saja, atau didampingi lauk tempe mendoan. Di warung-warung biasanya kupat landa disajikan bersama pecel atau sroto (soto).

Air landa merang juga dikenal penggunannya di luar pulau Jawa. Di Aceh, air landa merang disebut air abu, digunakan untuk campuran pembuatan mi agar mi jadi lebih kenyal. (WA)

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY