Merawat dan Menghilangkan Bekas Luka Sampai Tuntas

0
1531
Merawat dan menghilangkan bekas luka

Mengobati luka pada kulit membutuhkan penanganan khusus yang tak bisa disepelekan sesuai dengan tingkatan keparahan pada luka.

Namun, setelah luka membaik kita tentunya masih perlu melakukan perawatan pada bekas luka, karena terkadang penyembuhan bekas luka tidak berjalan seperti yang diharapkan. Daerah yang luka ketika sembuh akan menilbulkan bekas, yang terkadang bekas luka ini mengganggu penampilan kita.

Ditambah jika luka tersebut terdapat di bagian tubuh yang mudah terlihat, tentunya akan mengurangi rasa kepercayaan diri kita, bukan?

Bekas luka atau menurut istilah medis scar memang sering muncul pada akhir penyembuhan luka yang dalam seperti luka bakar, penyakit kulit, kecelakaan, bekas operasi, dan lainnya. Luka sendiri memiliki beberapa fase untuk dikatakan benar-benar sembuh. Fase tersebut antara lain:

  1. Fase peradangan terjadi setelah 5 hari terbentuknya luka.
  2. Fase penutupan luka dengan kulit ari baru yang berlangsung selama 3 bulan.
  3. Fase pematangan yaitu membuat bekas luka tidak kemerahan, gatal dan mulai berfungsi seperti sebelumnya. Fase ini akan berlangsung selama satu atau dua tahun bagi luka dalam.

Beberapa orang berpikir bahwa luka akan dinyatakan sembuh pada fase ke dua. Namun, sebenarnya proses penyembuhan luka itu membutuhkan waktu yang cukup lama yakni pada fase ke tiga.

Ditambah lagi ada sebagian orang yang memiliki riwayat scar abnormal yakni bekas luka akan menebal bahkan melebar dari luka yang ada. Hal ini dapat disebabkan beberapa faktor yakni luka sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan, lokasi luka, kurangnya kelembaban kulit, hasil bedah yang kurang bagus, usia dan keturunan.

Untuk itu sebaiknya luka segera ditangani sedini mungkin untuk mencegah pembekasan yang mengganggu penampilan kita.

Untuk dapat menghilangkan bekas luka ada dua cara yang dapat dilakukan yaitu dengan bahan alami atau dengan prosedur medis. Berikut dijabarkan cara menghilangkan bekas luka sampai tuntas melalui cara alami maupun medis:

Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk terapi menghilangkan bekas luka.

Untuk menghilangkan bekas luka sampai tuntas tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, karena kulit membutuhkan waktu untuk benar-benar meregenerasi kulit secara sempurna.

Oleh karena itu penggunaan bahan alami ini sebaiknya digunakan secara rutin, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk penyembuhan bekas luka, antara lain:

Madu Murni

Madu memiliki banyak manfaat salah satunya adalah baik untuk kulit. Madu dapat merangsang regenerasi sel kulit, mencegah infeksi, meredakan peradangan, melembabkan kulit dan menghilangkan bekas luka.

Madu murni

Gunakanlah madu yang asli dan murni untuk memaksimalkan proses penyembuhan bekas luka. Cara penggunaannya cukup mudah, oleskan madu langsung ke bekas luka dan diamkan semalaman.

Cara lain adalah mencampurkan 1 sendok teh madu dengan 1 sendok teh baking soda pada bekas luka dan pijat lembut selama 3-4 menit, lalu bilas.

Lakukanlah prosedur ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jus Lemon

Lemon terkenal akan kaya vitamin C yang tidak hanya baik untuk daya tahan tubuh tetapi juga untuk kesehatan kulit. Lemon kaya akan antioksidan dan alpha hydroxy acids (AHA) yang berfungsi meremajakan kulit yakni menggantikan sel kulit mati dengan sel baru.

Lemon juga dapat membantu meregenerasi kulit dengan baik, hingga bekas luka kembali ke tampilan kulit normal.

Cara penggunaannya gunakan bola kapas untuk menyerap jus lemon dan oleskan pada bekas luka. Diamkan 10 menit dan bilas di air mengalir. Jangan lupa untuk menggunakan secara rutin dan hindari kontak antara luka dengan sinar matahari langsung.

Mentimun

Mentimun ternyata memiliki kandungan potasium dan vitamin C yang tinggi yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Mentimun berguna untuk melembabkan, mengencangkan, mengatasi radang, dan menghilangkan bekas luka pada kulit.

Untuk penyembuhan bekas luka cucilah mentimun sampai bersih dan parut sampai halus. Kemudian dioleskan pada bekas luka dan didiamkan semalaman, gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan asam amino dan ligmin yang bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Lidah buaya juga memiliki kandungan anti radang yang dapat menghilangkan bekas luka.

Untuk penggunaannya cukup oleskan gel atau getah yang terdapat pada bagian dalam lidah buaya ke bekas luka. Lakukan secara rutin 2 sampai 3 kali sehari, hingga memperoleh hasil yang diinginkan.

Menghilangkan Luka dengan Cara Medis

Selain dengan bahan-bahan alami kita juga dapat menggunakan cara medis untuk menghilangkan bekas luka biasa hingga tahap parah. Dengan cara medis tentunya akan mendapatkan hasil dalam waktu lebih singkat dibanding cara alami.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah pasti akan ada resiko pada penanganan medis ini. Selain itu juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Berikut beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk menghilangkan bekas luka dengan penanganan medis, antara lain:

Terapi Laser

Saat ini terapi laser merupakan prosedur paling direkomendasikan untuk penyembuhan bekas luka. Tidak hanya dapat meratakan bekas luka, terapi laser juga dapat menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan cepat.

Ada 3 jenis pilihan treatment laser yang dapat digunakan, antara lain laser resurfacing, fracional laser resurfacing dan non-ablative laser resurfacing.

Operasi Bedah Plastik

SuntikanProsedur ini cocok dan cukup efektif untuk bekas luka yang parah. Bekas luka akan dibuat lebih tipis, lebih pendek atau bahkan jaringan bekas luka hipertrofik dapat dibuat menjadi tidak terlihat.

Pada operasi ini dokter akan mengombinasikannya dengan injeksi steroid atau terapi radiasi, untuk meminimalisir resiko pertumbuhan keloid baru yang lebih besar.

Microdermabrasi

Metode ini bekerja dengan melakukan pengelupasan lapisan kulit bekas luka menggunakan alat khusus. Alat tersebut berfungsi menyemprotkan kristal alumunium oksida yang dapat membuat kulit menjadi lebih mulus dan cerah.

Pengobatan ini juga tidak memiliki efek samping, namun disarankan untuk berkonsultasi sebelum melakukan perawatan agar mendapat hasil yang memuaskan. Untuk hasil maksimal lakukan perawatan mocrodermabrasi sekali dalam seminggu secara rutin hingga hasilnya terlihat.

Demikian beberapa cara menghilangkan bekas luka sampai tuntas dengan bahan alami dan prosedur medis. Adapun dengan cara alami sebaiknya dilakukan dengan rutin dan berkala agar hasilnya memuaskan.

Meghilangkan bekas luka dengan bahan alami tentunya mmebutuhkan waktu lama dan ketelatenan, akan tetapi perawatan alami lebih aman dan tanpa efek samping.

Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang cepat kita dapat menggunakan cara medis yang sebelumnya dikonsultasikan pada dokter, agar perawatan dapat tepat sesuai kerusakan dan jenis kulit kita.

Selain itu, faktor resiko dan efek samping pada prosedur medis juga sebaiknya diketahui untuk antisipasi, karena tentunya kita tidak ingin malah memperparah kondisi kulit dari sebelumnya. (Imam Fahrudin)

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY