(Wawancara) NOLATron, Si Transformer dari New Orleans

0
510

Beberapa tahun ini seorang human transformer yang mirip Bumblebee telah menghibur anak-anak dan orang dewasa di jalanan New Orleans dan tempat lainnya. Dia disebut NOLATron, “robot” ramah yang dengan senang hati berinteraksi dan foto bersama dengan para penontonnya.

PagIni.com telah mewawancara Joslyn Paige, orang yang menjadi NOLATron. Silakan simak.

Nolatron
Photo credit: NOLATron/Joslyn

Apa arti NOLA? Apakah itu nama tempat?

NOLA adalah singkatan dari New Orleans, Louisiana (disingkat LA). Jadi, New Orleans: N.O. + LA = NOLA.

Sejak kapan kamu menjadi NOLATron? Apa yang memotivasimu?

Aku jadi NOLATron sejak 2 Juli 2010. Inspirasiku adalah belajar dan memahami lebih jauh tentang street performance. Aku masih belum memikirkan kemungkinan yang ada. Pada dasarnya aku seorang mime[1] yang sangat terbatas.

Apakah kamu membuat sendiri baju Transformer itu? Habis biaya berapa?

Aku membuat baju itu berdasarkan desain Drew Beaumier, tapi kubuat yang paling cocok untukku dengan bantuan temanku, Jason. Aku benar-benar hidup dari kebaikan orang lain pada waktu itu. Tinggal di lantai. Kadang punya sedikit, kadang tidak punya apa-apa.

Aku membangun kostum ini dengan apa yang bisa kutemukan tergeletak di halaman orang, di tempat sampah, toko loak, dan lain-lain. Aku tidak tahu berapa biaya pembuatannya waktu itu. Aku dulunya tunawisma haha.

Aku pernah baca ada wanita yang mendudukimu saat kamu perform. Apakah itu pengalamanmu yang paling menyebalkan?

Menyebalkan? Hahaha aku tidak tahu. Itu cuma gurauan. Beberapa orang akan menghargai apa yang kamu lakukan dan lainnya tidak. Aku pernah ditekan, didorong, ditampar, dipukul, ditendang, diguyur bir punggungku dan terpercik di wajahku, pernah diejek dan direndahkan. Semua itu hal yang kecil bila dibanding momen-momen yang aku nikmati.

Sepertinya ada artikel Ann Arbor yang menceritakan aku ditendang itu.

Ada pengalaman unik atau menyenangkan selama menjadi NOLATron?

Ada gadis cilik saat aku di Ann Arbor. Dia sepertinya akan menjalani kemoterapi pertamanya. Dia terpesona padaku. Aku diberitahu dia sangat tertarik denganku dan menggambarku selama kemoterapi, dan berusaha melihatku setiap hari selama aku di situ (Ann Arbor) di musim panas. Aku melihatnya lagi di pertengahan musim panas dan melihatnya lagi di hari sebelum aku meninggalkan Ann Arbor, Michigan. Kemudian aku diberitahu dia dalam kondisi baik dan masih baik-baik saja. Aku benar-benar ingin kembali (ke Ann Arbor) meskipun hanya tinggal selama beberapa hari.

Aku punya alamat blog orangtua gadis kecil itu tentangku dan anak mereka, tapi aku tidak bisa membagi informasi pribadi mereka pada orang lain.

Selain sebagai NOLATron, apakah kamu melakukan hal lain? Aku melihat di FB page-mu kamu juga melakukan fire performances.

Aku punya beberapa karya, aku telah melakukan berbagai teknik juggling[2] sejak sebelum aku pindah ke New Orleans. Aku melakukan juggling bola dan cincin, contact ball & staff[3], tongkat ganda, poi[4], sulap dan aku juga merancang dan membuat patung ilusi.

Ini fotonya, ilusi dan dog act yang aku buat di New Orleans sebelum jadi NOLATron:

Joslyn illusion

Joslyn dog act

Aku lihat kamu bahagia melakukan semua itu, pernahkah ada niat berhenti menjadi NOLATron?

Aku sedang mencoba meninggalkannya, karena sangat merusak tubuhku.

NOLATron Facebook page

Catatan kaki

  1. Penampilan/pertunjukan menggunakan isyarat dan gerakan tubuh tanpa kata-kata.
  2. Terus-menerus menangkap dan melemparkan sejumlah benda ke udara, biasanya untuk pertunjukan/hiburan.
  3. Atraksi menggunakan tongkat yang kedua ujungnya dipasangi bola, bisa menyala.
  4. Atraksi menggunakan tali yang ujungnya dipasangi bola.

(WI/WA/Video & featured image: NOLA.com – Royal Street, New Orleans, 8 April 2016)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY