10 Tips Merawat Pakaian Putih

0
156
Cara merawat baju putih

Apakah bunda ingin pakaian putih keluarga selalu bersih dan cemerlang warnanya? Tidak sulit kok, meski perlakuan ekstra pada pakaian putih memang diperlukan.

Di bawah ini kami berikan tips & cara merawat pakaian putih. Yang tidak hanya menjaga pakaian putih tetap putih, tapi juga membuat pakaian lama tampak seperti baru.

1. Pemakaian

Inilah sumber terbesar yang membuat pakaian putih jadi kusam atau bernoda. Karenanya, hati-hati saat makan, agar pakaian tidak terpercik kuah, saus, sambal, atau kecap. Jangan pakai baju putih untuk aktivitas yang bersinggungan dengan kotoran seperti bersih-bersih rumah, memanjat pohon, dan berkebun.

2. Periksa label pakaian

Pada label biasanya ada keterangan singkat terbuat dari bahan apakah pakaiannya dan saran pencucian. Patuhilah cara mencuci yang disarankan.

3. Pisahkan pakaian putih dari warna lainnya

Ini penting dan tidak bisa ditawar, karena sedikit saja warna yang luntur akan menodai pakaian putih. Jadi, pisahkan pakaian putih sejak sebelum dicuci (pakaian kotor) dan saat dicuci.

4. Gunakan deterjen sesuai takaran

Kita umumnya menyangka, semakin banyak deterjen yang digunakan maka semakin bersih hasil cuciannya. Padahal tidak, residu deterjen yang menempel pada pakaian akan ditempeli oleh kotoran. Maka gunakan deterjen secukupnya dan bilas sampai bersih.

5. Gunakan deterjen terpercaya: Rinso

Rinso adalah deterjen terpercaya dari generasi ke generasi. Produk-produk Rinso terus berevolusi menjadi semakin lebih baik. Salah satunya dalah Rinso Matic, deterjen berenzim yang sangat efektif melunturkan noda membandel.

6. Gunakan pemutih

Isi ember dengan sekitar 5 liter air mendidih. Masukkan 1 takar/segenggam Rinso dan 100 ml pemutih, aduk rata. Rendam baju putih selama setengah jam, angkat lalu jemur di terik matahari. Jangan lakukan ini untuk harian, melainkan beberapa bulan atau setahun sekali.

7. Untuk sehari-hari jemur pakaian putih di panas rendah

Panas dapat menghanguskan kain dan membuatnya terlihat kuning. Cek label pakaian barangkali ada saran pengeringan. Jemur pakaian saat matahari tidak terik, atau di tempat terlindung misalnya di teras rumah.

8. Hanya gunakan pemutih untuk kain katun

Pemutih berbahan klorin bisa sangat merusak beberapa jenis kain. Warnanya akan berubah menjadi kekuningan atau abu-abu. Gunakan pemutih hanya untuk pakaian, kaus kaki, handuk, dan pakaian dalam berbahan katun.

9. Air jeruk nipis/jeruk lemon

Air jeruk nipis/lemon adalah pemutih alami yang ampuh. Campurkan setengah gelas air jeruk ke air panas, rendam baju selama satu jam atau semalam lalu cuci seperti biasa.

10. Tambahkan boraks

Boraks mampu melembutkan air, menghilangkan residu, dan meningkatkan kualitas deterjen. Lihat pada kemasan untuk saran pemakaiannya.

Bunda punya tips merawat pakaian putih lainnya? Silakan berbagi di komentar. Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. (Adv/WA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY