Ini Alasan Zinc Sangat Vital Untuk Keberhasilan Promil (Program Kehamilan) Anda

0
47
program hamil

Menjaga kesehatan tubuh untuk persiapan kehamilan membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang. Sayangnya, banyak dari kita yang gagal dalam memberikan tubuh bahan bakar yang dibutuhkan untuk membangun sel dan organ yang prima, yang dibutuhkan untuk persiapan kehamilan.

Pentingnya Zinc

Kekurangan zinc saja tidak akan membuat anda tidak subur, tapi zinc adalah salah satu faktor kunci yang membuat berbagai bagian sistem reproduksi bekerja dengan sempurna.

Zinc hanyalah salah satu komponen saja, tapi dia bekerja bersama dengan lebih dari 300 enzim yang berbeda didalam tubuh, untuk menjaga semuanya berjalan normal.

Tanpa hal ini, sel Anda tidak akan dapat membelah dengan sempurna, sementara hormon estrogen dan progesterin Anda menjadi tidak seimbang dan berakibat sistem reproduksi tidak berjalan dengan normal.

Bagaimana Zinc Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Pada wanita, zinc berperan penting sebagai kunci pada kesehatan reproduksi termasuk diantaranya:

  • Produksi sel telur: Tubuh wanita membutuhkan zinc dalam jumlah tertentu untuk memproduksi sel telur yang sehat dan matang, yang siap untuk proses pembuahan.
  • Mempertahankan tingkat cairan folikel yang tepat: Tanpa cukup cairan pada folikel, sel telur tidak dapat turun melewati tuba falopi menuju rahim untuk proses implantasi.
  • Menyeimbangkan Hormon: Zinc hanyalah salah satu mineral yang digunakan tubuh untuk menjaga keseimbangan hormon (seperti estrogen, progesteron dan testosteron) tetap seimbang selama siklus menstruasi. Hal ini terutama pada fase 2 dan fase 4 pada siklus setiap wanita.

Ini alasan lain mengapa wanita harus mendapatkan cukup asupan zinc: Zinc dapat membantu menurunkan ukuran tumor jinak atau fibroid.

Karena fibroid atau tumor jinak ini dapat mengakibatkan ketidaksuburan, melakukan apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi ukurannya dapat membantu untuk hamil lebih mudah pada sebagian wanita.

Bagaimana Zinc Mempengaruhi Kesuburan Pria

kualitas sperma

Sebagaimana zinc penting untuk kesuburan wanita, zinc jauh lebih penting bagi pria karena mempengaruhi secara langsung kemampuannya untuk membuat hamil pihak wanita.

Dicap sebagai salah satu mineral terpenting pada kesuburan pria, meningkatnya level zinc pada pria yang tidak subur menunjukan peningkatan jumlah sperma, meningkatkan bentuk, fungsi dan kualitasnya sekaligus menurunkan ketidaksuburannya.

Saat jumlah zinc yang rendah diketahui pada sistem reproduksi pria, maka beberapa masalah akan muncul, seperti diantaranya:

  • Sperma Belum Matang: Zinc sangat dibutuhkan pada pembentukan membran luar dan ekor pada sperma. Tanpa zinc, sperma tidak dapat matang pada fase dimana kemampuan berenang dan kekuatannya sempurna untuk bertahan dalam perjalanan panjang melewati vagina, servik, rahim menuju saluran tuba dimana pembuahan akan terjadi.
  • Perubahan Kromosom: Rendahnya level zinc juga dapat berakibat pada ketidaksempurnaan kromosom pada sperma yang dapat mengakibatkan keguguran bahkan jika pembuahan dan implantasi bisa terjadi.

Hilangnya Zinc Pada Menu Makanan

Zinc adalah salah satu mineral yang sangat penting pada kesuburan baik pada pria atau wanita, namun penelitian menunjukkan hanya beberapa persen orang saja yang memenuhi kebutuhan ini.

Salah satu alasan mengapa suplai zinc sangat rendah saat ini adalah karena pola makan yang dikarenakan rendahnya kualitas tanah, yang tidak mencukupi kebutuhan mineral yang dibutuhkan pada tanaman.

Memanaskan dan memasak makanan juga mengurangi jumlah zinc pada makanan sebanyak 50%.

Jadi sangat penting untuk memakan makanan yang tinggi akan zinc pada makanan mentah (namun bersih dan steril).

Sumber zinc yang paling tinggi adalah kerang, namun beberapa sumber lain yang mudah ditemukan adalah biji labu.

Kekurangan Zinc Pada Gaya Hidup Modern

Tidak hanya kekurangan makanan yang mengandung zinc yang menguras mineral pada tubuh kita, gaya hidup modern juga memberikan andil yang besar.

Stress, polusi, alkohol bahkan rokok akan secara langsung menguras suplai zinc di dalam tubuh.

Makanan Sumber Zinc

Memastikan memakan makanan yang kaya akan zinc setiap minggu sangatlah penting. Pastikan untuk memakan sebanyak mungkin makanan sumber zinc dalam keadaan mentah (tapi bersih dan steril), karena memasaknya akan menurunkan kadar zinc-nya hingga 50%.

Beberapa makanan sumber zinc yang dapat Anda konsumsi antara lain daging sapi, kerang, daging domba, udang, dll.

Selengkapnya tentang makanan yang mengandung zinc paling banyak, saya paparkan lengkap di artikel: “Ini Berbagai Makanan Penyubur Sperma Dengan Kandungan ZINC Paling Besar

Zinc Dengan Bantuan Suplemen

suplemen zinc

Jika Anda telah mencoba memakan berbagai makanan yang tinggi akan zinc, tapi tetap belum yakin apakah asupan zinc Anda terpenuhi, cobalah untuk mengkonsumsi suplemen zinc.

Minum sekitar 15 mg per hari pada keadaan normal.

Jika dokter Anda mensinyalir anda mengalami kekurangan zinc yang cukup parah atau memiliki fibroid (tumor jinak) pada organ reproduksi Anda, tingkatkan konsumsinya menjadi 30 mg perhari, untuk memberikan tubuh Anda asupan yang cukup.

Pastikan juga untuk mengkonsumsi multivitamin yang mengandung copper (tembaga) terlebih jika Anda menggunakan zinc pada dosis tinggi, karena sinc dapat menyebabkan kekurangan tembaga pada beberapa orang.

Menambah zinc pada sistem reproduksi Anda memang tidak menggaransi anda akan hamil, tetapi hal ini tentu saja sangat membantu untuk memastikan Anda mendapatkan semua mineral yang Anda butuhkan untuk memproduksi sel telur yang kuat dan sehat, serta sperma yang sehat untuk kesuksesan program kehamilan Anda.

yunita septianaBersama Yunita Septiana (Penulis). Praktisi dan Pengamat Kesehatan, kesuburan dan program hamil wanita. Blogger Kesehatan. Kunjungi blognya di smartpromil.com.

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY